Bagaimana Cara Memilih Sabun yang Paling Cocok

Jenis Sabun mandi

Untuk membersihkan tubuh dan wajah kita pastinya membutuhkan sabun, bukan? Dengan sabun, proses menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit akan berjalan lebih maksimal. Selain itu, aroma sabun tersebut juga akan membuat tubuh kita menjadi wangi. Beberapa sabun juga mengandung berbagai bahan yang bermanfaat bagi kulit.

Namun, kita tidak bisa menggunakan sembarang sabun lho. Kamu harus melakukan pemilihan sabun berdasarkan beberapa hal.

Nah, berikut ini ada beberapa Cara Memilih Sabun yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai salah satu referensi:

 

1. Sesuaikan dengan jenis kulit

Cara Memilih Sabun yang pertama adalah menyesuaikan kandungan sabun tersebut dengan jenis kulit yang kita miliki. Dalam hal ini, tentunya kita harus mengetahui terlebih dulu termasuk kedalam jenis manakah kulit kita? Apakah termasuk kulit kering, normal, berminyak atau kombinasi?

 

a. Sabun untuk kulit kering

Jika kamu memiliki kulit yang kering, sebaiknya kamu menghindari sabun dengan kandungan deterjen, pewangi, antibakteri, dan alkohol. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan dermatitis kontak yang membuat kulitmu iritasi dan semakin kering.

 

b. Sabun untuk kulit berminyak

Kulit yang berminyak akan semakin mempermudah perkembangbiakan bakteri. Kamu juga rentan terkena komedo dan juga jerawat. Jenis sabun yang cocok untuk kulit jenis ini adalah sabun yang berbahan lembut dan bebas detergen. Atau kamu juga bisa menggunakan sabun dengan bahan-bahan khusus seperti : gliserin, madu, atau oatmeal.

 

c. Sabun untuk kulit sensitif

Jika kulitmu adalah jenis kulit yang mudah mengalami iritasi atau alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Ada baiknya kamu menggunakan sabun dengan kandungan pH yang seimbang dan tanpa kandungan pewangi. Kamu juga bisa menggunakan sabun bayi atau sabun bebas detergen khusus untuk kulit sensitif. Kamu juga harus menghindari sabun dengan kandungan bahan antibakteri dan deodorant lantaran akan membuat kulitmu menjadi iritasi.

 

d. Sabun untuk kulit kombinasi

Jika kamu memiliki tipe kulit kombinasi maka sebaiknya kamu menggunakan sabun-sabun yang berbeda sesuai dengan area kulitmu. Contohnya di area kulit yang berminyak kamu bisa menggunakan sabun dengan kandungan benzoyl peroxide untuk mencegah jerawat dan timbulnya peradangan. Sementara, di bagian kulit kering kamu bisa menggunakan sabun dengan kandungan pelembab.

 

2. Berdasarkan Tingkat Aktivitas

Jika kamu termasuk orang yang aktif dan sering melakukan aktivitas fisik yang menguras keringat. Ada baiknya kamu memilih sabun dengan kandungan antibakteri yang ampuh menghilangkan kuman. Kamu juga bisa memilih sabun yang dilengkapi dengan eksfoliasi, sehingga proses pengilangan sel kulit mati lebih optimal. Karena sabun anti bakteri akan membuat kulitmu kering, ada baiknya kamu menggunakan pelembab setelah menggunakan sabun tersebut.

 

3. Berdasarkan Harga

Cara Memilih Sabun selanjutnya bisa ditilik berdasarkan harganya, terutama apabila kamu memiliki budget yang terbatas. Kamu tak perlu mengeluarkan uang sampai ratusan ribu rupiah untuk membeli sabun mahal.

Ada banyak sekali merk sabun terkenal yang beredar di pasaran yang dijual dengan harga murah. Mulai dari ribuan rupiah saja. Tapi, pastikan kamu membaca kandungan dan komposisi bahan sabun tersebut ya agar sesuai dengan kulitmu.

 

Itulah beberapa Cara Memilih Sabun yang bisa kamu lakukan. Biasanya sabun-sabun tersebut tersedia dalam 3 bentuk yakni sabun batang, sabun cair dan juga shower gel. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Semoga bermanfaat,