Apakah Makan Gorengan Menyebabkan Cepat Tua ?

Gorengan memang merupakan salah satu makanan yang sangat enak jika dinikmati. Banyak sekali orang yang gemar dengan jenis makanan yang satu ini. Mulai dari anak kecil, orang tua, baik pria maupun wanita sangat senang mengkonsumsi makanan yang digoreng ataupun makanan yang mengandung lemak. Namun, sayangnya makanan jenis ini memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Baik pria maupun wanita sangat tidak disarankan terlalu sering mengkonsumsi gorengan. Bagi wanita, gorengan memiliki dampak yang buruk juga pada penampilan.

Apabila Anda bisa perlahan-lahan menghindari gorengan, kulit pun akan terlihat lebih muda. Gorengan yang dimaksud bukanlah gorengan yang dijual di pinggir jalan saja loh. Tapi seluruh jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng wajib dihindari sedini mungkin.

Lemak Jenuh

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng dipercaya bisa merusak nutrisi pada makanan. Asam lemak jenuh yang dihasilkan dari makanan yang digoreng ini bisa membuat jaringan pada kulit menjadi rusak. Ketika makanan terpapar oleh suhu tinggi salah satunya dengan cara digoreng, minyak dan makanan akan menghasilkan zat oksidatif yang dapat membuat seseorang menjadi terlihat cepat tua.

Zat oksidatif ini sangat buruk atau dikenal dengan nama radikal bebas yang dapat melawan antioksidan yang terdapat di dalam tubuh. Sedangkan nutrisi antioksidan yang terkandung di dalam makanan itu sendiri seperti nutrisi vitamin E, asam lemak omega 3 dapat rusak akibat terpapar suhu panas dalam proses memasak itu. Ditambah lagi lemak jenuh dan lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol sehingga dapat memperparah proses penuaan.

Hal tersebut bisa juga terjadi pada makanan yang dibakar di atas bara api, bukan saja pada makanan yang digoreng. Makanan yang telah terpapar suhu tinggi dapat kehilangan nutrisinya secara langsung. Apabila timbul arang ataupun gosong pada makanan dapat membuat senyawa karsinogenik yang mengakibatkan timbulnya kanker.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana efek buruknya? Oleh karena itu, Anda perlu menghindari makanan yang mengandung lemak dan gorengan. Pasalnya kedua jenis makanan tersebut bisa memicu terjadinya penuaan pada kulit. Kemudian usahakan untuk mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun ketika Anda memasak sendiri di rumah. Hindarilah mengkonsumsi makanan dengan cara digoreng. Tujuannya agar Anda tidak terlihat lebih tua sebelum waktunya. Selamat mencoba!