Apa Saja Produk Olahan Susu ?

Gambar Produk Olahan Susu Sapi

Susu adalah minuman yang menyehatkan. Kandungan kalsium yang tinggi adalah zat yang utama ada pada susu.

Anjuran untuk minum susu sejak kecil tentu tidak tanpa alasan. Susu yang mengandung sumber kalsium akan menguatkan tulang tubuh. Susu menjadikan orang yang meminumnya memiliki kekuatan tulang yang terjaga seiring dengan pertambahan usia.

Susu sendiri lebih baik diminum dengan rasa yang asli yaitu, vanila. Sebab dengan minum susu yang masih dalam rasa asli, kandungan gizi yang terkandung di dalam susu pun masih terjaga. Pembahasan ini mengkaitkan susu dengan beberapa produk olahan yang melibatkan susu sebagai bahan dasar. Penasaran apa saja produk olahan yang melibatkan susu sebagai bahan dasarnya? Inilah ulasannya untuk Anda.

 

1. Keju

Siapa yang tidak kenal dengan keju?

Keju adalah salah satu produk olahan yang mengandalkan susu sebagai bahan dasar. Atau lebih tepatnya memanfaatkan krim susu dalam pembuatan keju.

Krim susu sendiri secara sederhananya disebut sebagai lemak susu. Pembuatan keju didasarkan pada krim susu yang ditambahkan dengan beberapa bahan pendukung termasuk starter untuk kemudian menghasilkan produk keju. Sehingga jika Anda selama ini menduga-duga darimana aroma khas keju yang sedikit amis dan gurih itu karena bahan dasar yang digunakan adalah krim susu.

Untuk memperoleh krim susu sendiri perlu proses pendiaman susu selama semalaman atau beberapa hari di suhu rendah. Krim susu akan menggumpal di bagian atas atau lebih tepatnya mengapung pada permukaan susu.

 

2. Mentega

Mentega termasuk salah satu produk olahan susu yang terkenal. Mentega adalah produk hewani yang dibuat dengan olahan susu. Sama seperti keju, mentega perlu krim susu.

Proses untuk pembuatan mentega terbilang rumit karena perlu pengadukan dalam waktu yang lama. Hingga krim susu sapi menggumpal. Pengadukan krim susu tersebut merupakan bentuk pengubahan emulsi oil in water menjadi emulsi water in oil. Perubahan tersebut baru akan terjadi dengan proses pengadukan atau yang lebih dikenal dengan proses churning.

 

3. Yogurt

Yogurt dikenal sebagai minuman fermentasi yang melibatkan bakteri seperti Lactobacillus bulgaricus. Yogurt adalah minuman yang menggunakan susu sebagai bahan dasarnya.

Dalam membuat yogurt, diperlukan starter bakteri LB sebutan dari Lactobacillus bulgaricus, untuk dapat berhasil. Tanpa bakteri tersebut, maka yogurt tidak akan terbentuk. Pembuatan yogurt sendiri terbilang mudah. Dengan formula tertentu antara susu segar dengan starter bakteri kemudian didiamkan dalam waktu yang telah mengikuti SOP, maka susu yang semula berasa gurih akan menjadi asam. Keterlibatan bakteri LB membuat rasa dari yogurt menjadi asam.

 

4. Es Krim, Produk Olahan Dari Susu

Untuk es krim sendiri sebenarnya tidak menjadikan susu sebagai bahan dasarnya. Sebab dalam pembuatan es krim, masih perlu campuran bahan-bahan lain. Namun tetap es krim memerlukan susu sebagai bahan dasarnya. Terkecuali untuk jenis es krim rasa buah yang tidak memerlukan tambahan susu. Es krim yang memiliki tekstur kental dan rasa manis karena salah satunya peranan dari bahan dasar susu yang ditambahkan.

Ada keju yang dapat dinikmati secara langsung atau dengan roti tawar. Ada mentega yang akan semakin menambah rasa lezat roti tawar. Ada yogurt yang menjadi minuman menyehatkan bagi usus. Ada es krim yang merupakan produk olahan susu yang memiliki banyak manfaat. Semuanya terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu, susu sapi segar.