Apa Saja Keunggulan dan Keuntungan dari Investasi Emas?

Home » Apa Saja Keunggulan dan Keuntungan dari Investasi Emas?

Apa Saja Keunggulan dan Keuntungan dari Investasi Emas?

Apakah keunggulan dan keuntungan investasi emas? Apalagi jika dibandingkan instrumen investasi lain seperti saham, obligasi dan surat berharga lainnya. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, artikel ini akan mencoba mengulas tentang emas serta kelebihan-kelebihannya.

Sejarah Singkat Penggunaan Emas

Sejarah penggunaan emas sudah dimulai sejak tahun 3000 SM. Dikutip dari laman investopedia.com, pada masa itu bangsa Mesir sudah mulai membuat perhiasan. Pada tahun 560 SM, emas mulai digunakan sebagai mata uang. Saat itu, para pedagang ingin menciptakan standar uang yang mudah untuk dipindahkan kemana pun. Nantinya alat ini diharapkan mampu mempermudah kegiatan perdagangan. Koin emas yang diberi stempel nampaknya menjadi jawaban atas permasalahan pada saat itu.

Selanjutnya penggunaan emas sebagai uang mulai menyebar ke seluruh Eropa. Inggris Raya mulai mengembangkan mata uang logamnya sendiri pada tahun 1066. Poundsterling Inggris dijamin oleh emas yang mewakilinya. Akhirnya emas menjadi simbol kekayaan  di Eropa, Asia, Afrika dan Amerika. 

Keuntungan Investasi Emas?

investasi perhiasan emas dilut so87n98938

https://oddviser.com/emirates/dubai/gold-souk

Meskipun emas sangat bermanfaat bagi manusia di masa lampau, namun pada zaman sekarang ini apakah kedudukan emas masih sama pentingnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah beberapa alasan mengapa emas masih sangat berperan saat ini yang dikutip dari Investopedia.com.

1. Emas dapat mempertahankan kekayaan

Alasan mengapa emas sangat penting bagi ekonomi modern saat ini adalah karena emas mampu mempertahankan kekayaan dari generasi ke generasi. Agar dapat lebih memahaminya, berikut adalah contohnya:

“Pada tahun 1970 an di Amerika harga satu ons emas sama dengan $35. Umpamakan saja pada masa itu, Anda memiliki pilihan untuk tetap memegang uang tunai $35 atau memiliki satu ons emas dengan nilai yang sama. Keduanya dapat digunakan untuk membeli sepeda baru dengan harga yang berlaku pada masa itu. Jika Anda memilih untuk menyimpan emas, membeli sepeda dengan emas tersebut saat ini masih dapat dilakukan. Namun jika Anda memilih untuk menyimpan uang, sepeda tersebut belum tentu bisa terbeli. Hal ini terjadi karena inflasi yang membuat nilai dollar turun. Sedangkan harga emas selalu naik dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, emas dapat menjadi alat untuk mempertahankan kekayaan substansial Anda.”

2. Emas dapat menjadi alat penyimpanan yang paling aman

Kondisi perekonomian modern saat ini sedang tidak menentu. Biasanya investor melihat emas sebagai alat penyimpanan yang paling aman dari kondisi politik dan perekonomian yang seperti itu. Sejarah telah membuktikan bahwa investor yang memiliki emas biasanya mampu mempertahankan kekayaan dari kondisi politik yang kacau seperti misalnya kudeta, runtuhnya kekaisaran dan kekacauan lainnya. Kapanpun ada berita tentang kekacauan politik atau ekonomi di suatu tempat, investor biasanya akan langsung menggunakan emas sebagai media penyimpanan kekayaan mereka.

3. Emas dapat menggandakan kekayaan

Memiliki emas di saat yang tepat bisa sangat menguntungkan. Jika Anda memiliki emas padahal nilai aset bisnis biasa dan uang sedang turun, maka kemungkinan Anda mendapat untung akan semakin besar.

Keunggulan Investasi Emas

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa emas saat ini masih relevan untuk digunakan sebagai alat penyimpan kekayaan. Namun jika digunakan untuk investasi, apa saja keunggulan instrumen investasi yang satu ini? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari thepuregoldcompany.co.uk.

1. Harga yang Rendah

Harga emas saat ini lebih rendah dibanding harga emas 5,5 tahun yang lalu. Investor akan mendapatkan emas dalam jumlah dua kali lipat jika menggunakan harga yang berlaku 5,5 tahun lalu. Hal ini membuka kesempatan untuk membeli emas lebih banyak.

2. Investasi Privat

Tidak seperti surat berharga maupun produk bank, kepemilikan emas tidak membutuhkan syarat khusus. Emas dalam wujud fisik adalah satu-satunya investasi privat yang tersisa saat ini.

3. Dapat Diwarisi

Emas dalam wujud fisik dapat diwariskan ketika Anda meninggalkan kekayaan untuk orang yang  Anda kasihi.

4. Aman dari Inflasi

Jika terjadi inflasi, harga emas cenderung naik bersamaan dengan naiknya harga komoditas lain.

5. Diversifikasi Portofolio

Ketika investasi aset umum lain mengalami penurunan, emas justru akan cenderung meningkat nilainya. Atas alasan inilah para ahli finansial merekomendasikan emas untuk dijadikan salah satu investasi untuk diversifikasi portofolio.

6. Bebas Pajak

Ada beberapa jenis emas yang tidak dikenai pajak pada pertumbuhan nilainya.

7. Berada di Luar Sistem Bank

Individu yang mengkonversi tabungan atau uang pensiun mereka menjadi emas pada dasarnya telah mengeluarkan kekayaan mereka dari sistem bank.

8. Mata Uang yang Universal, Mudah Dicairkan

Emas dalam bentuk fisik telah diakui dan dicari-cari oleh orang dari segala penjuru dunia. Oleh karena itu emas dapat menjadi mata uang dunia yang mudah dicairkan (likuiditas tinggi).

9. Langka

Tidak seperti uang, emas tidak mudah untuk dibuat. Jumlahnya yang terbatas memastikan nilai keabadiannya. Jumlah keseluruhan emas yang ada di dunia hanya mampu mengisi dua kolam renang ukuran olimpiade.

Itulah penjelasan mengenai keunggulan dan keuntungan dari investasi emas. Selain dapat digunakan untuk menyimpan dan mempertahankan kekayaan, emas juga sangat menguntungkan jika digunakan untuk investasi. Banyak orang yang mulai melirik investasi emas, karena harga emas yang selalu naik. Tidak hanya itu, emas juga dapat menolong pemiliknya dari inflasi. Jika harga komoditas melambung tinggi ketika inflasi, harga emas juga akan ikut naik beriringan dengan harga komoditas. Hal inilah yang justru akan menyebabkan harga jual emas semakin mahal.

By | 2018-08-04T12:44:02+00:00 August 4th, 2018|Bisnis|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment