Alasan Anak Kecil Selalu Meminta Perhatian Orang Tuanya

Jika anak Anda dianggap mengganggu, itu karena ingin diperhatikan. Namun yang terjadi adalah orang tua cuek bebek dengan tingkah laku anak. Bahkan karena dianggap sudah keterlaluan, anak pun dimarahi. Padahal apa benar anak Anda mengganggu? Lebih baik lihat apa yang membuat Anda berpikir demikian. Apakah karena Anda selalu sibuk dengan pekerjaan. Maka pantas saja anak dianggap menjadi pengganggu. Sebagai orang tua, Anda tentunya harus menyadari bahwa anak Anda perlu diperhatikan, karena ada berbagai alasan yang membuat anak berbuat demikian.

1. Ingin Ditemani Orang Tua

Ketika anak tahu orang tua mereka selalu saja disibukkan dengan pekerjaan, maka anak akan merasa tersisihkan. Tidak ada yang dapat diajak bermain. Terlebih anak tunggal. Kemudian cara paling baik adalah mencoba melakukan sesuatu agar orang tua memperhatikan apa yang dia lakukan. dengan begitu anak merasa senang karena ada orang tua yang menemani. Luangkanlah waktu untuk setengah jam jika Anda memang orang tua yang sibuk. Memperhatikan apa yang dilakukan oleh anak Anda. Perhatikan anak saat bermain. Baik lagi jika Anda dapat ikut serta bermain dengan anak.

2. Ingin Orang Tua Ikut Bermain

Anak mengganggu orang tua seperti berlarian di sekitar ruang kerja saat orang tua sibuk. Bernyanyi tidak karuan membuat orang tua pening kepala. Sampai tingkah laku lainnya itu karena anak Anda ingin diperhatikan. Kemudian Anda ikut bermain dengan si anak. Anak akan merasa senang ketika orang tua mau ikut bermain dengannya. Bahkan Anda sendiri juga akan memperoleh keuntungan. Yaitu, sesibuk apapun Anda ketika itu, paling tidak tetap dapat memperhatikan anak sambil ikut bermain agar selalu dekat dengan anak.

3. Ingin Meminta Sesuatu

Bagi orang tua, tentu pernah menemui sikap anak yang seperti ini. Tiba-tiba tingkah lakunya sangat mengganggu. Tidak ada angin dan tidak ada hujan, anak marah-marah bahkan rewel. Jika orang tua tetap saja tidak mampu memperhatikan anak, maka anak akan semakin menjadi. Semakin membuat orang tua mereka terganggu. Lebih baik perhatikanlah, tanyakan apa keinginan si anak. Tingkah laku yang demikian menunjukkan sikap anak Anda ingin meminta sesuatu yang sebelumnya tidak Anda respon dan membuat anak menjadi jengkel. Jika Anda perhatikan, maka anak paling tidak akan senang karena orang tuanya memperhatikannya.

4. Ingin Orang Tua Memiliki Sedikit Waktu Luang

Memang sudah menjadi orang tua untuk selalu memperhatikan anak mereka. Jika Anda sudah bertekad bekerja terutama wanita, saat sudah memiliki anak, maka luangkanlah sedetik waktu Anda untuk memperhatikan anak. Entah itu menyapa, menanyakan kabar, bermain, membacakan dongeng, dan kegiatan yang tentu secara langsung akan membuat anak Anda merasa senang.

5. Ingin Orang Tua Sebagai Pelindung

Otomatis, orang tua yang mau memperhatikan anak akan membuat anak merasa terlindungi. Anak akan merasa bahwa orang tua mereka adalah pelindung mereka. Sehingga anak akan selalu merasa aman di dekat orang tua.

Orang tua harus jauh lebih mengerti ketimbang anak. Bai anak, mereka hanya tahu meminta di usianya yang masih kecil dan butuh bimbingan. Jika orang tua tidak memperhatikan anak, maka akan repot ketika anak tumbuh dewasa. Anak akan pandai membangkang dan juga tidak respon dengan orang tua. Ingin mulai dekat dengan anak ketika dewasa, maka jauh lebih sulit untuk dilakukan. Jadi, lebih baik selalu perhatikanlah anak Anda. sesibuk apapun Anda, anak sangat senang orang tua selalu memperhatikan mereka.