Ada Apa Saja di Pulau Tidung ?

Berwisata menikmati keindahan Pulau Tidung dengan menyaksikan terumbu karang yang sangat cantik diterpa ombak, berenang didalam air laut yang sangat menyegarkan, menikmati keindahan sunset dan surise di balik cakrawala atau mungkin sekedar bersepeda santai sambil menikmati indahnya pantai merupakan salah satu hal yang Anda butuhkan saat ini.

Apa saja yang bisa dinikmati di Pulau Tidung ?

Pulau Tidung merupakan Maladewanya Indonesia

Pulau Tidung sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Kepulauan Seribu, dimana pulau tersebut bahkan dijuluki sebagai Maladewa-nya Indonesia karena keindahan yang ditawarkannya. Pulau Tidung ini sendiri terbagi menjadi dua pulau utama, yakni Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Kedua pulau tersebut secara khusus dihubungkan oleh sebuah jembatan yang panjangnya kurang lebih 2km.

Pulau Tidung Kecil merupakan bagian pulau Tidung yang sampai saat ini masih menjadi pulau tidak berpenghuni, hal ini berbeda dengan Pulau Tidung Besar yang saat ini saja sudah dihuni oleh sekitar 4.000 jiwa penduduk sehingga membuat Pulau Tidung besar ini menjaid pulau yang paling banyak dihuni penduduk diantara pualu lainnya gugusan Kepulauan Seribu.

Jembatan Cinta

Salah satu spot wisata pulau Tidung yang paling terkenal adalah jembatan Cinta. Jembatan yang panjangnya sekitar 2km ini memiliki berbagai cerita yang sampai saat ini masih dipercaya dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mitos jembatan Tidung atau jembatan cinta ini mengatakan jika sepasang kekasih berjalan sambil bergandengan tangan ketika melewati Jembatan tersebut, maka hubungan pasangan tersebut akan abadi dan bahkan akan berakhir di pelaminan.

Sebaliknya, jika Anda yang datang ke sana dengan menyandang status Jomblo, maka Anda disarankan untuk meloncat dari jembatan tersebut sebanyak 7 kali secara berturut-turut. Hal tersebut dipercaya akan membuat orang tersebut segera mendapatkan pasangan dan mengakhiri status Jomblonya tersebut. Maka tidak heran jika Anda melakukan perjalanan wisata pulau tidung, rasanya kurang lengkap kalau tidak melakukan ritual-ritual seperti yang selama ini dipercaya.

Walaupun begitu, terlepas dari mitos cinta yang menyebar tentang jembatan Tidung, jembatan Tidung memang bisa disebut sebagai tempat yang sangat indah karena jembatan ini sendiri mampu memang menghadirkan suasana yang sangat Indah dan romantis, dimana Anda bisa berjalan-jalan di sini sambil menikmati keindahan alam bawah laut pulau Tidung yang sangat mempesona.

Keindahan Bawah Laut yang Mempesona

Tidak hanya jembatan cinta saja yang menarik dari pulau Tidung ini. Hal tersebut karena wisata pulau Tidung juga menawarkan sajian khas alam bawah laut Indonesia yang sangat mempesona. Untuk Anda yang ingin menikmati ini semua, Anda bisa meng-explore keindahan alam bawah lautnya tersebut dengan cara snorkeling dan diving.Di alam bawah laut Tidung inilah terdapat banyak sekali ikan-ikan hias yang sangat mempesona dengan karang-karangnya yang masih terawat dengan baik.

Permainan Air

Selain itu, Anda juga bisa menikmati permainan air lainnya seperti banana boat dan kano. Setelah Anda lelah berjalan-jalan berkeliling pulau Tidung, puas menikmati permainan air dan puas menikmati keindahan alam bawah lautnya, selanjutnya Anda bisa menikmati keindahan sunset yang sangat luar biasa dan sangat romantis. Kesempatan ini juga bisa Anda pakai untuk bersantai bersama teman-teman sambil menikmati sajian yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Tempat Menginap

Tapi sayangnya, kalau Anda berminat untuk bermalam di pulau Tidung, Anda hanya bisa menginap di beberapa penginapan yang berbentuk rumah-rumah penduduk atau guest house yang cukup nyaman dengan fasilitas dan harga yang sangat terjangkau. Bahkan sebuah Guest House dengan ukuran sedang dengan dilengkapi 4 buah kamar tidur, maka Anda menyewa guest house ini dengan harga sekitar 300.000 ribu rupiah saja yang bisa Anda isi bersama keluarga tercinta.

Transportasi

Untuk Anda yang berminat mengunjungi objek wisata pulau Tidung, saat ini sarana transportasi yang tersedia hanya satu jalur saja, yakni dengan melintasi jalur laut. Untuk mencapai Pulau tidung ini, Anda bisa menggunakan Angkutan laut yang sering di sebut sebagai ferry yang merupakan sebuah kapal penumpang berukuran kecil atau bahkan lebih pantas disebut sebagai atau perehu motor. Ferry ini memiliki berbagai macam tipe, dari mulai ferry yang terbuat dari kayu yang akan berjalan dengan kecepatan sedang sampai yang berbahan dasar fiber glass memang tergolong lebih cepat dan lebih aman.