8 Cara Memaksimalkan Tinggi Badan Pada Remaja

tinggi badan lelaki dan wanita gfhy77ko

Setiap orang tentu mendambakan tubuh yang ideal dengan tinggi dan bentuk badan yang proporsional. Sayangnya, banyak orang baru menyadarinya ketika sudah dewasa. Padahal, masa pertumbuhan manusia umumnya berjalan saat remaja dan akan berhenti bertumbuh ketika mencapai usia 18-21 tahun. Maka dari itu, agar kamu yang masih dalam masa pertumbuhan ini tidak menyesal, manfaatkan hormon pertumbuhan yang masih aktif ini sebaik-baiknya dengan cara terus merangsangnya. Nah, untuk membantumu melakukannya berikut ini 8 cara memaksimalkan tinggi badan yang dapat kamu coba.

1.Pola Makan Yang Seimbang

Yang namanya pola, berarti kamu harus menerapkannya setiap hari tanpa pengecualian. Untuk memaksimalkan tinggi badan, pola makan memiliki peran yang sangat penting. Beberapa asupan yang tidak boleh kamu lewatkan diantaranya adalah kalsium, protein, zat besi, dan vitamin D.  Keempat zat tersebut sangat berperan dalam mendorong pertumbuhan, membantu perkembangan, menyusun, dan memperkuat tulang. Usahakan untuk minum susu setiap hari dan mengurangi asupan gula.

2. Tidur yang Cukup

www.jawapos.com

Meskipun sudah menerapkan pola makan yang seimbang, pertumbuhanmu tidak akan berjalan maksimal kalau kamu sering begadang. Mengapa? Sebab, tubuhmu hanya akan bertumbuh ketika kamu sedang tidur. Tubuh kita akan mengeluarkan hormon pertumbuhan atau yang dikenal dengan HGH(Human Growth Hormone) ketika kita tidur. Kalau kebutuhan tidur kurang, produksi hormon ini akan menurun. Untuk kamu yang masih remaja, usahakan untuk tidur tidak kurang dari delapan jam per hari.

3. Rajin Olahraga

womantalk.com

Nah, cara memaksimalkan tinggi badan selanjutnya adalah dengan rajin berolahraga. Jangan jadi remaja yang hanya malas-malasan dan tidur di rumah. Dengan melakukan olahraga, otot kita akan semakin kuat, tubuh akan sehat,  dan berat badan akan selalu terjaga. Yang tidak kalah penting adalah olahraga dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan. Beberapa jenis olahraga yang dapat kamu coba diantaranya adalah jogging, berenang, bersepeda, dan skipping. Tapi, kamu juga dapat melakukan olahraga lainnya yang kamu sukai.

4. Lakukan Peregangan

blog.alexandrasports.com

Peregangan adalah suatu gerakan untuk menarik dan meluruskan tulang. Ada dua bagian tubuh yang perlu menjadi fokus saat melakukan aktivitas peregangan, yaitu tulang belakang dan kaki. Untuk melakukan peregangan tulang belakang, caranya adalah dengan berdiri, menarik kedua tangan setinggi mungkin, dan posisi kaki berjinjit. Tahan posisi ini selama sepuluh detik, kemudian kamu dapat kembali ke posisi normal. Lakukan kembali sebanyak lima kali.

Untuk peregangan pada bagian kaki dapat kamu lakukan dengan posisi duduk serta kedua kaki berselonjor ke depan. Ulurkan kedua tangan sebisa mungkin sampai menyentuh jari-jari kaki. Tahan posisi selama sepuluh detik dan lakukan selama lima kali. Lakukan peregangan seperti ini setiap hari, di pagi dan sore hari.

Bagi kamu yang belum terbiasa, gerakan peregangan kaki mungkin akan terasa sedikit sulit. Tapi percayalah, kalau kamu melakukannya setiap hari, lama kelamaan tubuhmu akan semakin lentur dan gerakan ini tidak akan terasa sulit lagi.

5. Perhatikan Postur Tubuh

Tidak hanya tinggi badan, kamu juga perlu memerhatikan postur tubuhmu. Berlatihlah menerapkan postur tubuh yang benar. Jangan membungkuk, baik ketika sedang duduk atau berdiri. Mungkin hal ini tidak akan terlalu mempengaruhi pertumbuhan tinggi badanmu, tapi masa iya tubuh tinggi tapi bungkuk? Selain tidak enak dipandang, hal ini juga dapat menyebabkan nyeri di bagian punggung dan leher.

Kamu juga perlu memerhatikan posisi tubuhmu saat tidur. Sebaiknya kamu hindari tidur miring karena apabila dilakukan jangka panjang akan memengaruhi postur tubuhmu. Posisi yang benar adalah dengan tidur terlentang.

6. Minum Cukup Air Putih

Tribunnews.com

Meskipun terlihat sederhana, jangan anggap remeh manfaat air putih. Air putih dapat membantu melakukan detoksifikasi dan membersihkan tubuh. Selain itu, air putih juga akan membantu melarutkan nutrisi yang berguna untuk merangsang pertumbuhan. Setiap orang dianjurkan untuk minum air putih setidaknya dua liter per hari atau setara dengan dua gelas air.

7. Rangsang Dengan Suplemen

Untuk poin yang satu ini, kamu perlu lebih berhati-hati. Jangan asal beli suplemen peninggi badan yang dijual secara online karena mungkin saja suplemen tersebut memiliki efek samping yang tidak disebutkan. Gunakan suplemen hanya jika kamu memiliki masalah pada hormon pertumbuhanmu dan itupun perlu dengan rekomendasi dokter.

8. Hindari Kebiasaan-kebiasaan Buruk

Ada beberapa kebiasaan yang dapat menghambat pertumbuhan alamimu, misalnya saja merokok dan minum di usia remaja. Apabila kamu tidak ingin pertumbuhanmu berhenti, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Tinggi badan seseorang sebagian besar memang dipengaruhi oleh gen. Tapi, bukankah akan lebih baik apabila kita dapat memaksimalkan potensi tinggi badan kita? Nah, mungkin sekian dulu artikel mengenai 8 cara memaksimalkan tinggi badan pada remaja. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Feature image : www.sciencedaily.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *