8 Cara Efektif Mengatasi Ketombe Secara Permanen

wanita garuk rambut ketombe gdt12s5

Salah satu masalah rambut yang paling sering muncul adalah ketombe. Selain menimbulkan rasa gatal, ketombe juga dapat mengurangi kepercayaan diri. Mungkin kamu yang berketombe sudah pernah merasakan sendiri situasi saat kulit kepala terasa gatal, tapi malu menggaruk, karena ketombe pasti akan muncul ke permukaan dan dapat dilihat orang. Takutnya nanti kamu dianggap malas menjaga kebersihan rambut lagi. Walaupun mungkin ya, hehe.

Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan munculnya ketombe, diantaranya adalah kebiasaan keramas, cuaca yang menyebabkan kulit kepala kering, produk perawatan rambut yang tidak cocok, gangguan stress, dan pola makan. Sekalinya kamu terkena ketombe, butuh perhatian ekstra untuk menyingkirkannya. Meskipun setelah keramas akan hilang, tetapi ketombe akan rentan untuk muncul kembali kalau kamu tidak konsisten merawatnya. Tapi jangan sedih dulu, ketombe masih dapat dihilangkan. Nah, berikut ini halokawan bagikan 8 cara menghilangkan ketombe secara permanen dan menyeluruh. Keep reading, ya.

1. Rutin Keramas

lifestyle.sindonews.com

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah pola keramasmu. Pastikan bahwa kamu membersihkan rambut secara rutin. Kebiasaan jarang keramas akan membuat kulit kepala berminyak dan akan memicu tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Tapi, jangan juga keramas terlalu sering. Hal ini justru akan membuat rambut terlalu kering. Usahakan untuk keramas sekitar 2-3 hari sekali. Selain itu, jangan hanya membersihkan bagian rambut saja, melainkan sampai ke kulit kepala.

2. Perhatikan Produk Shampo

Penyebab munculnya ketombe tidak selalu dikarenakan jarang keramas. Bisa juga munculnya ketombe diakibatkan produk shampo yang kamu gunakan. Shampo yang tidak cocok dengan kulit kepala dapat membuat kulit kemerahan, iritasi, dan muncul sisik putih.

3. Perawatan Rambut

Perawatan rambut bisa kamu mulai dari memilih shampo anti-dandruff. Tapi tidak berhenti di situ, kamu dapat menambahkannya dengan menggunakan masker rambut. Selain menghilangkan ketombe, masker juga dapat menguatkan rambut supaya tidak mudah rontok. Lakukan perawatan masker rambut dua kali seminggu.

Selain menerapkan kebiasaan-kebiasaan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini untuk menghilangkan ketombe.

4. Minyak Pohon Teh

Salah satu bahan alami yang dipercaya untuk mengatasi ketombe adalah minyak pohon teh. Bahan ini memiliki sifat anti-mikroba yang terkandung pada salah satu senyawa penyusunnya, yaitu teripen-4-ol. Adanya kandungan ini membantu menekan pertumbuhan jamur di kulit kepala dan mengurangi ketombe.

Orang yang memiliki masalah ketombe cenderung memiliki lebih banyak bakteri Staphylococcus epidermidis (S. epidermidis). Pada penelitian yang dilakukan tahun 2017 menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat mengendalikan bakteri tersebut.

Tapi apabila ingin menggunakannya, sebaiknya kamu campurkan minyak pohon teh dengan shampo yang biasa kamu gunakan. Sebab, mengaplikasikan minyak pohon teh secara langsung dapat menyebabkan ruam di kulit kepala.

5. Jeruk Nipis

Kompasiana.com

Jeruk nipis memang dikenal manfaatnya dalam berbagai bidang kecantikan. Tidak hanya bermanfaat untuk kulit tubuh, jeruk nipis juga dapat mengatasi masalah kulit kepala yang berketombe apabila digunakan secara rutin. Cara menggunakannya juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencampurkan larutan jeruk nipis dengan air, kemudian gosok ke rambut dan kulit kepala. Selain mengatasi ketombe, perawatan ini juga akan mendorong pertumbuhan akar rambut dan membuat rambutmu lebih tebal.

6. Minyak Serai

Sama seperti minyak pohon teh, minyak serai juga memiliki kandungan anti-mikroba dan anti-inflamasi. Kedua sifat tersebut yang berperan mengurangi ketombe pada kulit kepala.

Hal ini dikuatkan dengan hasil studi kecil yang dilakukan pada tahun 2015. Studi tersebut menunjukkan bahwa tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak serai dapat secara signifikan mengurangi ketombe, yaitu sebesar 81 persen setelah pemakaian selama dua minggu. Apabila kamu ingin menggunakan minyak serai langsung dari bahannya, sebaiknya kamu campurkan dulu dengan air atau shampo supaya kulit kepala tidak iritasi.

7. Lidah Buaya

FaktualNews.co

Lidah buaya memang sangat populer dan dipercaya manfaatnya terhadap urusan kesehatan rambut. Lidah buaya dapat menghaluskan dan menebalkan rambut. Namun ternyata, lidah buaya juga dapat berperan mengatasi ketombe. Kandungan bioaktif yang terkandung dalam gel lidah buaya, seperti asam amino dan anti-oksidan, dapat mengurangi ketombe di kulit kepala.

Untuk mengokohkan hal tersebut, dilakukan penelitian pada tahun 2015 yang menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kandungan sifat anti jamur yang dapat mencegah munculnya ketombe.  Selain itu, terdapat juga studi kecil yang menghasilkan kesimpulan bahwa gel tropika yang mengandung lidah buaya efektif mengatasi ketombe.

8. Baking Soda

snapdeal.com

Alternatif lain yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi ketombe adalah baking soda. Sama seperti bahan lainnya, baking soda juga memiliki sifat anti-jamur yang dapat mencegah munculnya jamur penyebab ketombe. Hanya saja, baking soda tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering. Sebab, bahan ini memiliki tingkat pH yang tinggi yang dapat merusak kulit kepala.

Mungkin sekian dulu rangkuman mengenai 8 cara mengatasi ketombe. Silakan coba tips-tips di atas dan semoga berhasil!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *