5 Usaha Bagi Pemula dengan Modal Kecil

Home » 5 Usaha Bagi Pemula dengan Modal Kecil

5 Usaha Bagi Pemula dengan Modal Kecil

Adakah usaha bagi pemula dengan modal kecil?  Jawabannya, tentu saja ada. Jika dulu bisnis selalu identik dengan modal besar, kini Anda dapat memulai bisnis hanya dengan uang Rp50.000,00 saja. Bahkan, tak sedikit usaha tanpa modal yang menawarkan keuntungan besar. Inilah salah satu alasan yang membuat orang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis.

Rekomendasi Usaha Bagi Pemula dengan Modal Kecil

Bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis, ada sejumlah rekomendasi usaha modal kecil yang cocok untuk pemula. Adapun daftarnya, antara lain sebagai berikut.

1. Bisnis Kuliner

Jika Anda memiliki kemampuan memasak yang baik, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kemampuan tersebut untuk meraup pundi-pundi rupiah. Meskipun tingkat persaingan cukup tinggi, tetapi peluang bisnis kuliner sangat luas. Fokuslah pada satu hal agar bisnis Anda sukses dan lebih terarah.

Sebaiknya pilih menu yang Anda suka dan kuasai. Misalnya Anda menyukai donat maka buatlah donat aneka rasa dengan topping menarik. Hal yang paling penting dalam bisnis kuliner adalah rasa dan kebersihan. Oleh karena itu, selalu gunakan bahan berkualitas. Tambahkan kentang agar tekstur donat lebih lembut dan lezat.

Sebagai permulaan, Anda bisa menjualnya di rumah, berkeliling, atau menitipkannya di sejumlah warung dan kantin sekolah. Gunakan media sosial sebagai tempat promosi gratis. Berikan diskon khusus untuk pembelian dalam jumlah besar. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan angka penjualan.

2. Usaha Toko Kelontong

Sekilas, usaha toko kelontong tampak membutuhkan banyak dana padahal tidak demikian. Untuk memulai usaha ini, Anda tidak harus mengeluarkan modal besar. Lakukan secara perlahan, yakni dengan cara menjual produk yang paling dibutuhkan. Misalnya beras, minyak goreng, mi instan, sampo, dan sabun. Tambahkan aneka jajanan untuk menarik konsumen remaja dan anak-anak.

Gunakan sebagian keuntungan yang Anda dapatkan untuk melengkapi barang dagangan. Pastikan untuk membeli barang di toko khusus grosir atau di pasar tradisional. Harga jual di kedua tempat ini relatif lebih murah sehingga Anda bisa meraup keuntungan yang lebih besar.

3. Bisnis Pulsa

Usaha bagi pemula dengan modal kecil selanjutnya adalah bisnis pulsa. Untuk menjalankan bisnis ini tidak diperlukan banyak modal. Manfaatkan lahan kosong di rumah Anda. Misalnya teras rumah, halaman, atau garasi. Sulap ruangan tersebut menjadi kios pulsa. Untuk menambah pemasukan Anda, tambahkan aksesoris, kartu perdana, voucher fisik, dan kuota.

Anda pun dapat menjual barang dagangan Anda melalui media sosial. Cara ini jauh lebih menguntungkan, mengingat sebagian besar orang lebih menyukai transaksi online. Jika Anda memiliki dana lebih, buatlah website untuk menjual pulsa. Dengan cara ini, jangkauan bisnis Anda akan semakin luas. Potensi keuntungan pun semakin besar.

4. Usaha Alat Tulis

Jika lokasi Anda dekat dengan kampus, sekolah, atau perkantoran, tidak ada salahnya untuk berbisnis alat tulis. Usaha ini cukup potensial. Anda dapat menjual buku, pulpen, pensil, materai, dan alat lainnya.

Agar penghasilan Anda semakin besar, tambahkan jasa fotokopi. Jasa ini masih dibutuhkan, terutama oleh sebagian besar mahasiswa, guru, dan pelajar. Bagaimana jika dana terbatas dan tidak sanggup membeli mesin fotokopi? Tenang, ada solusi terbaik, yakni dengan menggunakan mesin printer multifungsi. Sesuai dengan julukannya, printer ini dapat mencetak dokumen, gambar, scan foto, dan duplikasi dokumen.

5. Bisnis Barang Bekas

bisnis barang bekas ur8r9r0e

Siapa bilang barang bekas tidak bermanfaat? Jika Anda berpikir demikian, maka Anda keliru. Layaknya barang baru, barang bekas pun dapat menghasilkan uang yang tak sedikit. Pasalnya, tidak semua orang sanggup membeli barang baru.

Pangsa pasar bisnis barang bekas sangat luas. Tingkat persaingannya pun tidak begitu ketat. Namun, pastikan barang bekas yang Anda jual memiliki kualitas baik. Jangan lupa cantumkan deksripsi dan patok harga sewajarnya. Dijamin, barang Anda laris manis diburu konsumen.

Itulah sejumlah usaha bagi pemula dengan modal kecil yang dapat Anda coba. Kini tidak ada lagi alasan untuk menunda bisnis lantaran terbentur modal. Nah, kalau sudah begini, apa lagi yang membuat Anda ragu? Yuk, mulai bisnis Anda sekarang juga!

By | 2019-01-02T17:58:27+00:00 December 13th, 2018|Bisnis|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment