13 Cara Mendapatkan Tambahan Penghasilan Uang dari Internet

Home » 13 Cara Mendapatkan Tambahan Penghasilan Uang dari Internet

Sadarkah Anda bahwa banyak sekali cara mendapatkan uang tambahan dari internet? Ketika sebagian besar orang mengeluh sulitnya mencari uang, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan uang. Bahkan, tak sedikit pengguna internet yang sukses meraup jutaan rupiah setiap bulan hanya dengan modal kuota.

Kendati menawarkan penghasilan yang besar, dibutuhkan lebih dari sekadar niat. Anda harus sabar dan konsisten. Jika tidak, besar kemungkinan Anda akan mengalami kegagalan di tengah jalan.

Begini Cara Mendapatkan Uang Tambahan dari Internet

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang tambahan dari internet? Berikut uraiannya.

1. Jual eBook

Jual ebook di amazon o ueo98q

Apakah Anda memiliki keahlian atau pengetahuan di bidang tertentu? Jika iya, gunakan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang tambahan dengan membuat eBook. Salah satu yang paling banyak dicari adalah eBook tutorial.

Anda tak perlu khawatir karena ada banyak tema yang dapat ditulis, seperti tutorial pembuatan website, makeup party, hijab, ataupun cara cepat menjadi jutawan bermodal smartphone.

Dalam pembuatan eBook ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Selain harus mudah dipahami, Anda pun perlu menyertakan gambar. Hal ini untuk memudahkan pembaca memahami tutorial Anda.

Berikut adalah Daftar Situs Jual Beli Ebook Secara Online:

  1. Amazon Kindle
  2. Apple Books
  3. lulu.com
  4. payhip.com

Baca Juga: Keuntungan Menerbitkan E-Book di Amazon Kindle

2. Buka Toko Online

jual di tokopedia oq7di87ejio0

Mendirikan toko online menjadi cara yang paling banyak dilakukan sebagian besar orang. Cara kerjanya tidak berbeda jauh dari toko fisik, hanya saja proses pembelian dilakukan tanpa tatap muka. Pembayarannya pun melalui transfer bank.

Untuk membuka toko online sangat mudah. Anda tidak harus memiliki website karena ada sejumlah marketplace yang menawarkan pendaftaran toko secara gratis. Pajang barang dagangan Anda menggunakan gambar yang menarik. Pastikan agar resolusi gambar baik. Gunakan gambar asli untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Jangan lupa untuk menyertakan deskripsi produk. Meskipun tampak sepele, deskripsi produk sangat penting untuk memikat calon konsumen. Satu lagi yang tak boleh Anda abaikan, yakni pelayanan terhadap konsumen. Berikan pelayanan terbaik agar konsumen tak berpaling ke toko lain.

Berikut adalah Daftar Situs yang Bisa Anda Gunakan Untuk Jualan Online:

  1. Tokopedia.com
  2. Bukalapak.com
  3. Amazon.com dll

3. Ikut Program Afiliasi (Affiliate)

afiliasi lazada ounq8e7nhu

Afiliasi menjadi salah satu cara mendapatkan uang tambahan dari internet paling mudah. Cara kerjanya hampir mirip dengan makelar. Anda hanya perlu menjual produk orang lain, seperti makanan, minuman, pakaian, hingga rumah.

Berapa banyak uang yang dihasilkan dari program ini? Bervariasi. Semakin mahal harga produk yang Anda jual, semakin besar pula komisi yang akan Anda dapatkan. Umumnya, sebelum deal, penyedia program afiliasi akan memberikan informasi lebih dulu mengenai besaran komisi.

Sebagai contoh, Anda mengikuti program afiliasi agen pulsa. Setiap orang yang mendaftar dan melakukan deposit minimal Rp 250.000 melalui link referral Anda, Anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp50.000,00. Jika setiap hari ada dua orang pendaftar, maka penghasilan Anda dalam sebulan mencapai Rp3.000.000,00. Sangat menggiurkan, bukan?

Berikut adalah Daftar Situs Terpercaya yang Menjalankan program Afiliasi (Affiliate):

  1. Afiliate Amazon.
  2. Afiliasi Lazada.
  3. Afiliate Clickbank.
  4. Afiliasi Niagahoster (web hosting).

4. Jual Domain

jual domain di sedo 0q9ed98mklqe

Satu lagi cara paling mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yakni menjual domain. Barangkali pekerjaan ini belum begitu populer di Indonesia, tetapi di luar negeri pekerjaan ini dapat menghasilkan uang hingga ribuan dolar.

Bisnis ini tidak pernah sepi. Pasalnya, setiap orang, terutama pebisnis online membutuhkan domain sebagai alamat atau lokasi. Tanpa domain, sebagus apa pun website tidak dapat diakses melalui internet.

Bagaimana cara kerjanya? Mudah saja. Anda hanya perlu mencari nama domain yang dijual murah dan menjualnya kembali dengan harga tinggi. Biasanya domain pendek lebih banyak dicari. Harga jualnya pun tinggi, mencapai puluhan ribu dolar.

Selain domain pendek, domain yang mudah diingat, diucapkan, dan brandable pun menjadi buruan konsumen. Contohnya nama domain yang mirip dengan nama suatu produk.

Berikut adalah Daftar Situs Jual Beli Domain:

  1. Sedo.com

5. Penulis Artikel

penulis cantik artikel online jui987

Jika Anda memiliki pengetahuan luas dan pandai merangkai kata, tidak ada salahnya membuka jasa tulis artikel. Jasa ini banyak dibutuhkan untuk mendongkrak popularitas website ataupun blog.

Meskipun sudah banyak jasa serupa, tetapi peluang profesi ini masih terbuka luas. Anda dapat menawarkan jasa tulis artikel melalui forum atau media sosial. Pastikan untuk selalu menjaga kualitas tulisan agar jasa Anda laris manis.

Berikut adalah Daftar Situs Menawarkan Jasa penulisan Artikel:

  1. projects.co.id
  2. sribulancer.com
  3. iwriter.com

6. Membuat Kursus Online Untuk Membagikan Pengetahuan dan keterampilanmu

Jika anda merasa ahli dalam suatu bidang, baik bahasa asing, ilmu-ilmu pasti, sosial dan lain sebagainya atau keahlian dan keterampilan tertentu seperti bermain piano, gitar dan lain-lain, dan anda tahu bahwa banyak orang disana yang akan memerlukannya, mengapa tidak memasarkan keahlian dan keterampilan anda melalui online dengan membuka kursus?

kursus online dilut 8y7897koa

(sumber : https://www.theverge.com)

Yang anda lakukan pertama kali adalah anda harus mengetahui pangsa pasar. Anda bisa melakukan berbagai survey dan riset secara online dan kemudian amatilah dengan seksama potensi pasar bagi keahlian anda. Anda juga disarankan untuk mempelajari strategi-strategi sukses para pembimbing senior yang telah lama berkecimpung di dunia kursus online. Dengan demikian, anda dapat mengetahui lika-liku perjuangan mereka yang kebanyakan dimulai dari hal terkecil dahulu.

Setelah itu, jika terbukti banyak permintaan, maka perlahan namun pasti anda dapat membangun dan mempromosikan keahlian anda.  Anda juga perlu yakin bahwa anda memang benar-benar menguasai bidang tersebut.

Menurut Bryan Harris, seorang tutor senior yang terbukti sukses meluncurkan kursus online hanya dalam waktu sepuluh hari dengan penghasilan fantastis dapat dollar dari internet sebesar US $ 220.750, anda direkomendasikan untuk memperkenalkan kursus keahlian anda melalui mailing list ataupun media-media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, Whatsap, Telegram dan lain-lain.  Beliau juga menyarankan agar anda dapat memulainya dari komunitas terkecil terlebih dahulu sebelum anda membangun dan mempromosikan kursus keahlian anda kepada komunitas yang lebih besar.

7. Membuat Channel di YouTube Dengan Konten yang Mendidik dan Menghibur

Meskipun sekarang kebijakan YouTube terasa sedikit lebih ketat, namun apa salahnya jika anda mencoba membangun channel di media sosial terpopuler tersebut dengan berbagai konten yang mendidik dan menghibur. Seperti kita ketahui bersama, belakangan Youtube dapat membayar si pemilik Channel atau istilah kerennya monetisasi jika jumlah subscriber-nya mencapai minimal 1000 dan total ada 4000 jam yang melihat tayangan tersebut.

youtube channel dilut w89823asw3

(sumber: https://bloggerhearts.com)

Tapi tenang saja, meskipun rada diperketat, namun YouTube sudah terbukti menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google dan bahkan  menjadi situs yang paling banyak dikunjungi ketiga oleh para netizen dunia. Pada tahun 2017 saja, percaya atau tidak, hampir sebanyak 5 miliar video telah dilihat YouTube sepanjang hari.  Wow!

Sudah menjadi rahasia umum, semua pemasukkan YouTube adalah dari iklan, artinya jika anda mampu menjaring pengunjung lebih banyak, maka tentu akan semakin tebal pundi-pundi pemasukkan uang anda. Menariknya ketika channel anda sudah disetujui oleh YouTube, maka dengan 1000 kali pengunjung saja, anda dapat dibayar antara US$ 2 hingga US$ 24. Lumayan bukan? Apalagi jika anda bisa memiliki ratusan video setiap bulannya dan ribuan pengunjung yang mengklik channel anda, sudah terbayang ribuan dollar akan segera masuk ke kantong anda.

Membangun channel Youtube tak ubahnya seperti membangun sebuah blog ataupun website. Anda pun dituntut harus sekreatif mungkin supaya viewers tertarik mengunjungi channel anda.

Berdasarkan penelitian, ada dua konten yang biasanya paling ditunggu-tunggu viewers, yaitu konten yang mengedukasi dan konten yang bersifat hiburan semata. Para viewers di dunia biasanya senang dengan konten yang berbau ‘’how to…’’bagaimana caranya…entah memasak , membuat blog, dan lain-lain.  Adapun konten hiburan, anda dapat mempertimbangkan konten yang berisi komedi, review berbagai produk, vlog pribadi atau bahkan video game. Intinya kreativitas anda akan selalu dituntut supaya tetap sesuai dengan permintaan viewers saat itu.

8. Membuat Podcast Dan Bagikan Kisah Inspiratif Anda

Meskipun penggunaan Podcast di Indonesia masih belum tergolong lumrah, namun prospeknya cukup menjanjikan. Apalagi penggunaan podcast di dunia sudah lama dijadikan alternatif pengganti radio.

Memang  perlu diakui dalam membangun kredibilitas anda di siaran podcast untuk dapat menghasilkan uang memerlukan waktu cukup panjang, namun telah banyak orang yang cukup sukses mendulang rezeki dari podcast. Contohnya John Lee Dumas yang memiliki siaran podcast berupa petikan wawancara para pelaku usaha dengan tajuk Enterpreneur on Fire. John dipercaya telah mampu menghasilkan uang fantastis sebesar US$ 200.000. bahkan sejak podcast-nya pertama kali diluncurkan pada 2012 silam, dirinya telah meraih pemasukan hampir US $ 13 juta. Mengagumkan bukan?

kisah inspiratif podcast dlut 8n8wwasj

(sumber : https://thejourneyonline.com)

Seperti halnya konten di YouTube yang menuntut anda untuk mengembangkan kreativitas, pada Podcast anda disarankan untuk menceritakan hal-hal menarik untuk didengarkan para audien. Anda tetap harus mencari topik yang dapat menggugah mereka untuk mendengarkan cerita-cerita anda.

Untuk mencari topik-topik menarik  dan cukup populer juga tidak terlalu sulit. Anda cukup mencarinya di iTunes Charts, Google Trends atau situs-situs pencarian topik Podcast seperti cast.market.

Setelah itu, anda akan memerlukan alat-alat pendukung seperti microphone dan juga software untuk merekam suara anda. perusahaan-perusahaan seperti Behringer, Blue dan Focusrite bisa dijadikan alternatif terbaik jika anda ingin membeli alat-alat pendukung perekam suara berkualitas studio.

Oh iya, melalui Podcast ini, anda dapat mewancarai tokoh-tokoh di Indonesia yang sangat inspiratif atau viral untuk menarik para pendengar. Selain itu, untuk menjaring tokoh-tokoh yang ingin diwawancarai dan  para pendengar, anda bisa menggunakan berbagai media sosial populer lainnya seperti Twitter atau Facebook.

Seperti halnya situs-situs lainnya, semakin besar dan luas pendengar Podcast anda, maka akan semakin besar pula  pundi-pundi keuangan yang bisa dihasilkan. Dan menariknya, sumber keuangan Podcast tidak hanya berasal dari jumlah iklan saja, akan tetapi anda pun bisa menjual siaran rekaman podcast anda untuk mengeruk keuntungan yang akan menjadi passive income anda di kemudian hari. Coba yuk!

9. Tawarkan Keterampilan Anda Melalui Platform Freelance dunia

Di Indonesia, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan situs-situs yang menjadi perantara kerja freelance seperti Projects.co.id, Sribulancer.com dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika anda telah cukup memiliki kepercayaan tinggi untuk bersaing dengan para freelancer dunia, maka cobalah bergabung dengan beberapa  di antaranya. Sebut saja upwork.com, freelancers.com, fiverr.com. guru.com dan banyak lagi yang akan menawarkan ribuan pekerjaan setiap harinya yang sesuai dengan keahlian dan keterampilan anda.

situs jasa keterampilan upwork dilut 8yne8qw2

(sumber : https://smallbiztrends.com)

Bahkan menariknya, jika keahlian anda sangat minim seperti anda hanya memiliki keterampilan data entry, maka anda akan mudah memperoleh pekerjaan-pekerjaan seperti itu.

Untuk orang Indonesia, maka pastinya bahasa Indonesia akan menjadi nilai lebih yang layak dijual plus bahasa daerah anda. Terkadang beberapa klien meminta anda menerjemahkan dokumen/artikel bahasa Inggris ke bahasa daerah anda dan sebaliknya.

Tentunya karena bersifat internasional, maka permintaan pasar akan lebih luas, sehingga terkadang menciptakan kompetisi ketat dan bahkan persaingan harga antar para freelancer. Namun jangan khawatir, jika anda memiliki portofolio yang meyakinkan, maka lambat laun tawaran pekerjaan akan menghampiri anda asal anda dapat bersabar dan konsisten.

Selain itu, anda disarankan untuk mempelajari trik-trik untuk menggaet klien yang rata-rata lebih mengutamakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.

Oh iya, jangan lupa mereka akan membayar anda dengan hitungan Dollar atau Euro loh. Menarik bukan?

10. Coba Mendaftar di Website-Website Baru Yang Memerlukan Pendapat Anda

Situs-situs dunia seperti UserTesting.com, Userlytics, Testing Time dan lain-lain dapat menjadi alternatif  untuk menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar setiap bulannya.

Cara mendapatkan dollar dari internet pun cukup mudah jika anda bergabung dengan situs-situs tersebut, itu artinya anda telah siap untuk diminta mengetes, me-review dan memberikan pandangan terhadap berbagai website baru. Mereka juga ingin tahu kritikan anda sebagai seorang pengguna dari Indonesia atau yang mewakili kawasan Asia Tenggara dan pastinya akan membayar anda per jam-nya.

web test dilut n9ussasw

(sumber : digitalgrowthunleashed.com)

Biasanya anda akan diberikan pertanyaan-pertanyaan dan anda diminta untuk merekam reaksi dan a pandangan anda terhadap website-website tersebut. Cukup mudah, bukan? Apalagi website-website ini sanggup membayar anda US$ 10 hingga 30 perjam yang mungkin membuat semakin ketagihan.

11. Ceritakan Isi Buku-Buku Populer

Satu lagi yang bisa menjadi pilihan anda untuk menebalkan isi kantong anda adalah industri buku audio. Artinya, anda cukup menceritakan isi sebuah buku yang dirasa populer dan viral saat itu.

wanita cantik bercerita dilut 7tb87n9gyw

(sumber : https://librarianship.ca)

 Situs seperti ACX biasanya akan menghubungkan jasa anda dengan para pengarang buku-buku tersebut. Jika suara dan akting dirasa cocok oleh mereka, maka itu saatnya anda akan dikontrak untuk menceritakan isi buku-buku mereka dan pastinya anda akan dibayar. Seru bukan?

12. Menjadi Konsultan Travel Online

Jika anda memiliki hobi traveling baik di dalam negeri maupun luar negeri, mengapa anda tidak berniat menawarkan pengalaman anda melalui online, alias membuka jasa konsultasi bagi mereka yang ingin bepergian ke kawasan yang pernah anda kunjungi?

wanita travel online dilut 87n98sasd

(sumber : https://www.iapcollege.com)

Dalam konsultasi tersebut, anda dapat memberitahukan harga tiket penerbangan/transportasi termurah, penginapan-penginapan mana saja yang harganya sesuai kantong, rute terbaik yang bisa diambil, musim-musim terbaik kunjungan,  dan lain sebagainya.

Bahkan anda juga dapat membagi pengalaman anda dengan menceritakan budaya dan tradisi lokal serta hal-hal tabu apa saja yang tidak boleh anda lakukan saat berada di kawasan tersebut. cukup simpel bukan?

13. Mengerjakan Hal-Hal Sepele di Amazon Mechanical Turk

Mungkin Amazon Mechanical Turk masih terdengar asing di telinga kita. Platform ini sudah lama menawarkan pekerjaan sepele namun berbayar.

amazon turk dilut q8ny382aqw

(sumber : onlinehomeincome.com)

Iya benar, di Amazon Mechanical Turk, anda hanya diminta untuk mengerjakan berbagai pekerjaan simpel dan kecil yang menuntut interaksi manusia seperti memberikan rating hasil pencarian, mengecek pelafalan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan pencarian, mengkategorisasi sebuah artikel, bahkan bisa saja anda diminta untuk menerjemahkan kata-kata yang cukup dasar.

Anda dapat melakukan pekerjaan ini di manapun anda berada dan kapan pun anda siap. Seperti kita ketahui bersama, Amazon adalah situs pengecer online terbesar di dunia.

Itulah sejumlah cara mendapatkan uang tambahan / penghasilan dari internet yang dapat Anda coba. Tidak ada kesuksesan yang instan. Anda harus berusaha dan bekerja keras.

By | 2019-03-21T18:47:57+00:00 December 30th, 2018|Bisnis|0 Comments

Leave A Comment