5 Cara Membersihkan Kulkas Yang Bau Secara Efektif dan Ampuh

Kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik yang hampir dimiliki oleh setiap rumah. Karena refrigerator sebutan lain kulkas, berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan makanan agar tetap segar dan lebih awet digunakan. Namun tak jarang, kulkas juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya munculnya aroma tidak sedap pada kulkas, namun permasalahannya tak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana cara membersihkan kulkas yang bau.

Faktor Penyebab Timbulnya Aroma Tidak Sedap Dari Kulkas

Lemari es memang bisa menghambat proses pembusukan pada bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Namun tetap saja tidak mampu menghentikan proses pembusukan makanan sampai 100%. Ketika mesin pendingin bekerja, maka aroma tidak sedap dari dalam kulkas tidak akan keluar namun saat listrik mati atau daya listrik sedang turun, bau akibat proses pembusukan pun bisa menyebar ke seluruh bagian lemari es.

Tak hanya berasal dari baud aging saja, aroma tidak sedap juga bisa diakibatkan oleh buah dan sayuran yang membusuk dalam rak penyimpanan kulkas. Selain itu, air mengenang di dalam kulkas jika terlalu lama dibiarkan pun dapat menimbulkan bau tidak sedap. Maka dari itu, Anda harus rajin merawat dan menjaga kebersihan seluruh bagian kulkas, paling tidak seminggu sekali.

Faktor penyebab lainnya, bisa juga disebabkan oleh kulkas yang sudah tidak dingin lagi, sehingga mempercepat proses pembusukan bahan makanan di dalamnya.

Bagaimana Cara Mencegah Timbulnya Aroma Tidak Sedap Pada Kulkas?

Sebelum kita membahas cara membersihkan kulkas yang bau, ada beberapa tips mencegah munculnya bau tidak sedap pada kulkas, sebagai berikut :

1. Simpan Makanan Menggunakan Tupperware

Sebaiknya untuk mencegah aroma tidak sedap menyebar ke seluruh bagian kulkas, simpan beberapa bahan makanan yang memicu bau tersebut di dalam wadah yang tepat. Seperti menyimpan daging, seafood, ayam, makanan olahan atau sayuran beku di dalam Tupperware. Ini bisa menjadi cara paling efektif untuk mencegah timbulnya aroma tidak sedap, sekaligus bisa membuat kulkas tetap rapi dan bersih.

2. Hindari Menyimpan Makanan di Kulkas Dalam Waktu yang Lama

Meskipun bisa membuat bahan makanan lebih awet, bukan berarti Anda bisa menyimpan bahan makanan tersebut selama berminggu-minggu. Anda harus tahu bahwa daging segar biasanya hanya dapat bertahan dalam kondisi yang baik selama kurang lebih 3-4 hari, sesudah itu biasanya ada perubahan warna dan rasa.

3. Jangan Biarkan Sisa Bahan Makanan di Kulkas

Sedikit saja kue atau sayuran yang tertinggal di kulkas, dalam waktu yang lama bisa menyebarkan bau busuk. Terlebih lagi jika telah bercampur air, maka bau busuknya bisa semakin melekat.

4. Atur Suhu Lemari Pendingin

Jika Anda menyimpan daging di kulkas, sebaiknya atur suhu freezer dalam suhu lebih dingin. Hal tersebut bisa mencegah munculnya aroma tidak sedap yang menyebar di dalam kulkas.

Ini Dia Cara Membersihkan Kulkas Yang Bau

Bagi yang tidak betah dengan aroma kulkas yang bau dan sangat mengganggu, ada beberapa cara membersihkan kulkas yang bau di bawah ini!

1. Cabut Kabel Kulkas

Pertama-tama Anda bisa mencabut kabel power lemari es terlebih dulu, selanjutnya kosongkan kulkas, dan keluarkan semua bahan makanan di dalam kulkas. Anda juga harus mengeluarkan rak yang terdapat di dalam lemari es.

2. Campurkan Air Hangat dan Baking Soda

Selanjutnya, siapkan mangkuk berisi air hangat yang dicampur baking soda kemudian tambahkan pencuci piring. Lalu pakai spons dan celupkan ke larutan baking soda tadi. Selanjutnya usapkan spons ke seluruh bagian kulkas, mulai dari bagian pintu hingga bagian dalam kulkas. Pakai lap kering yang digunakan untuk mengeringkan kulkas sampai benar-benar kering.

3. Ambil Vanilla

Coba ambil vanilla sedikit saja kemudian taburkan pada lap kering dan lap bagian dalam lemari es kembali. Anda juga bisa menempatkan arang dialasi kertas koran kemudian letakkan pada bagian dalam kulkas seharian atau sampai aroma tak sedap pada kulkas menghilang.

4. Memakai Kantung Teh bekas

Cara membersihkan kulkas yang bau berikutnya ialah dengan memanfaatkan kantung the bekas. Anda juga bisa menyiasati kantung teh sisa atau bekas pakai untuk menghilangkan bau amis pada kulkas. Cukup letakkan kantung the dalam mangkuk atau piring, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Selanjutnya diamkan sampai semua bau tidak sedap tadi diserap dengan baik oleh bekas kantung teh. Kemudian tutup pintu lemari es selama beberapa saat hingga kering sempurna.

5. Pakai Lemon

Lemon sejenis buah citrus, merupakan buah yang beraroma segar. Tak hanya dinikmati sebagai minuman atau makanan saja, tetapi buah lemon ternyata juga dapat diaplikasikan untuk membersihkan kulkas, terutama untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas. Buah lemon pun dapat dimanfaatkan untuk memberikan aroma menyegarkan pada kulkas. Caranya ialah peras air buah lemon lalu simpan dalam wadah dan masukkan ke dalam lemari es lalu tutup pintu lemari es dan biarkan kurang lebih sekitar 30-45 menit. Sesudah dibuka, dijamin kulkas Anda menjadi lebih segar dan wangi kembali.

Itulah 5 cara membersihkan kulkas yang bau secara alami tanpa membutuhkan banyak modal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *