10 Orang Terkaya di Indonesia

1. Robert Budi Hartono & Michael Bambang Hartono

Kekayaan: US$17,9 milliar.

Tempat / Tgl Lahir Michael Bambang Hartono: Semarang, Jawa Tengah, (2 Oktober 1939).

Tempat / Tgl Lahir Robert Budi Hartono: Semarang, Jawa Tengah (28 April 1940).

Pekerjaan / Usaha: Perusahaan rokok Jarum.

PT Djarum adalah sebuah perusahaan rokok terbesar keempat di Indonesia yang berkantor pusat di Kudus, Jawa Tengah. PT Djarum merupakan induk dari Djarum Group yang membawahi banyak bisnis. Bisnis tersebut dikelola oleh keluarga Hartono, yang generasi pertamanya adalah Oei Wie Gwan.

2. Susilo Wonowidjojo & Keluarga

Kekayaan: US$8 milliar.

Pekerjaan / Usaha: Perusahaan rokok Gudang Garam.

PT Gudang Garam Tbk (IDX: GGRM) adalah sebuah merek/perusahaan produsen rokok terbesar kelima di Indonesia yang terpopuler. Didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo,

3. Anthony Salim & Keluarga

Kekayaan: US$5.9 milliar.

Pekerjaan / Usaha: Salim Group.

Salim Group adalah salah satu perusahaan konglomerat yang didirikan pada tanggal 4 Oktober 1972 di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk Indofood, produsen mi instan terbesar dunia dan Bogasari, perusahaan operasi tepung terbesar.

4. Eka Tjipta Widjaja & Keluarga

Kekayaan: US$5.8 milliar.

Tempat / Tgl Lahir: Quanzhou, Fujian, Tiongkok, 27 Februari 1921 – meninggal di Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 26 Januari 2019 pada umur 97 tahun.

Pekerjaan / Usaha: Sinar Mas Group.

Sinar Mas merupakan sebuah brand name dengan operasi bisnis yang bergerak di berbagai sektor, seperti Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Food, Jasa Keuangan, Developer dan Real Estate, Telekomunikasi, dan Energi dan Infrastruktur, termasuk Kesehatan dan Pendidikan.

5. Sri Prakash Lohia

Kekayaan: US$4.4 milliar.

Tempat / Tgl Lahir: Kolkata, India, 11 Juli 1952).

Pekerjaan / Usaha: Indorama Corporation

Indorama Corporation adalah perusahaan global yang memproduksi polietilena, polipropilena, serat poliester, filamen, benang pintal, kain, dan sarung tangan medis. Indorama adalah produsen poliolefin terbesar kedua di Afrika dan terbesar di Afrika Barat. Produk-produknya dikirim ke lebih dari 90 negara di seluruh dunia.

6. Chairul Tanjung

Kekayaan: US$4.3 milliar.

Tempat / Tgl Lahir: Jakarta, Indonesia (16 Juni 1962).

Pekerjaan / Usaha: CT Corp

PT Chairul Tanjung Corpora (sebelumnya bernama PT Para Inti Holdindo (Para Group)) atau lebih dikenal dengan nama CT Corp merupakan kelompok perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat Chairul Tanjung yang didirikan sejak tahun 1987. Penggunaan “CT” pada beberapa nama perusahaannya merupakan singkatan inisial namanya.

7. Boenjamin Setiawan & Keluarga

Kekayaan: US$3.5 milliar.

Pekerjaan / Usaha: Kalbe Farma

PT Kalbe Farma Tbk (IDX: KLBF) merupakan perusahaan internasional yang memproduksi farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam-macam bahan farmasi.

8. Mochtar Riady & Keluarga

Kekayaan: US$2.7 milliar.

Pekerjaan / Usaha: Lippo Group.

Lippo Group adalah sebuah perusahaan besar di Indonesia yang didirikan oleh Mochtar Riady. Grup ini memulai usaha dengan Bank Lippo yang telah berganti nama dan berubah posisi sahamnya menjadi Bank CIMB Niaga. Perusahaan ini kemudian mengembangkan diri di usaha properti yang kemudian berkembang di Indonesia, Tiongkok dan beberapa negara lainnya. Selain di usaha properti juga melakukan pengembangan bisnis eceran, telekomunikasi, dan berbagai jenis usaha lainnya

9. Peter Sondakh

Kekayaan: US$2.3 milliar.

Tempat / Tgl Lahir: Manado, Sulawesi Utara, Indonesia (23 Juli 1953).

Pekerjaan / Usaha: Rajawali Coorpora.

Rajawali Corpora (RC) adalah induk perusahaan investasi terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984 oleh Peter Sondakh dengan nama PT Rajawali Wira Bhakti Utama. Setelah melalui beberapa dekade, Grup Rajawali terus mengembangkan usahanya hingga ke tingkat regional lewat beberapa usaha bisnis dan portofolio, yakni; Pertanian, Infrastruktur, Informasi & Teknologi, Barang Konsumen, Media & Komunikasi, Pertambangan & Sumber Daya Energi, Properti & Hotel, Ritel, dan Layanan Transportasi.

10. Sukanto Tanoto

Kekayaan: US$2.1 milliar.

Tempat / Tgl Lahir: Belawan, Sumatra Utara, Indonesia (25 Desember 1949).

Pekerjaan / Usaha: Royal Golden Eagle International

RGE mengelola perusahaan-perusahaan bertaraf internasional yang bergerak di bidang manufaktur berbasis sumber daya alam dan mempekerjakan lebih dari 60.000 tenaga kerja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *